Pendahuluan
Dalam tutorial ini, kita akan membuat game sederhana yang disebut "Apple Bowl" menggunakan platform pemrograman visual Scratch. Dalam game ini, pemain akan mengontrol sebuah mangkuk untuk menangkap apel yang jatuh dari atas layar. Mari kita mulai!
Persiapan
- Buka proyek baru di Scratch (https://scratch.mit.edu/) dan pilih latar belakang, misalnya latar belakang langit biru.
- Masukkan dua sprite, yaitu apel dan mangkuk.
Coding Apel
- Pertama, kita akan membuat apel muncul dan hilang.
- Saat bendera hijau diklik, apel akan muncul di posisi acak pada sumbu Y 180.
- Apel akan bergerak ke bawah dengan pergerakan 5 langkah.
- Jika apel mencapai posisi paling bawah, maka apel akan berpindah ke posisi acak di bagian atas.
Penentuan Apel Mangkuk dan Skor
- Buat variabel "Skor" untuk melacak jumlah apel yang berhasil ditangkap.
- Ketika apel menyentuh mangkuk, akan muncul suara Pop dan skor bertambah 1.
- Apel akan menghilang dan muncul kembali di posisi acak di bagian atas.
Coding Mangkuk
- Coding ini digunakan untuk menggerakkan mangkuk ke kanan dan kiri.
- Saat bendera hijau diklik, skor akan dimulai dari 0.
- Jika tombol kanan pada keyboard ditekan, mangkuk akan bergerak ke kanan sebesar 10 langkah. Begitu pula sebaliknya dengan tombol kiri.
Coding Latar Belakang
- Coding latar belakang digunakan untuk mengatur waktu permainan.
- Saat bendera hijau diklik, waktu akan mulai berjalan dari 60 detik.
- Setiap detik, waktu akan berkurang satu hingga mencapai 0.
- Ketika waktu mencapai 0, semua coding akan berhenti dan permainan selesai.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda berhasil membuat game sederhana untuk menangkap apel. Anda juga dapat menggandakan sprite apel untuk mendapatkan tampilan apel yang lebih banyak secara acak.