Perangkat keras jaringan internet

Perangkat keras sangat berperan aktif dalam kelancaran mengakses internet. . Bila kita ingin menggunakan pembelajaran daring, maka perlu memperhatikan perangkat keras yang akan digunakan untuk mengakses jaringan internet. Tanpa kita sadari, ada banyak perangkat keras yang berperan di dalamnya. Mungkin kita berpikir untuk bisa mengakses internet yang terpenting harus ada komputer, laptop, dan smartphone. Tapi ternyata, yang terpenting bukan hanya terbatas itu karena ada banyak perangkat keras yang digunakan untuk disambungkan dengan internet. Perangkat keras ini secara fisik dapat kita lihat dan kita raba secara nyata. Ingin tahu apa saja? Di bawah ini akan dijelaskan macam-macam perangkat keras untuk akses internet beserta fungsinya.

Macam-Macam Perangkat Keras

  1. Komputer Pribadi atau Personal Computer

Seperti yang anda ketahui,komputer ini adalah perangkat utama yang dipakai untuk bisa mengakses internet. Agar bisa memiliki kinerja yang bagus maka terdapat standar spesifikasi yang harus dipenuhi untuk komputer yang digunakan. Hal ini meliputi processor, yang minimal 500 MHz dan menggunakan Pentium III. Karena processor merupakan otak dari sebuah komputer yang mengolah semua informasi serta sekaligus menghasilkan output sesuai kebutuhan pemakainya. Maka semakin canggih processor yang dipakai akan semakin optimal pula hasil yang didapat.

Dalam komponen komputer, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memorinya atau yang biasa anda sebut RAM (Random Access Memory). Fungsi dari RAM adalah sebagai pembaca, penyimpan dan penulis data dalam program. Untuk dapat mengakses internet, minimal menggunakan RAM 64 MB. Semakin tinggi memorinya akan semakin bagus.

Komponen komputer lain yang harus diperhatikan kualitasnya adalah monitor. Karena monitor memvisualisasikan data yang diproses dalam sebuah layar. Spesifikasi monitor yang baik adalah menggunakan VGA (Video Graphic Array) karena memiliki resolusi maksimum 800x600. VGA dapat menampilkan 128-254 warna dan ketajamannya bisa diatur. Resolusi yang dihasilkan juga mencapai 1024x764 dan mampu menghasilkan 65 ribu warna termasuk emas dan perak. Untuk kapasitasnya akan lebih baik menggunakan VGA card minimal 4 MB.

Yang terakhir adalah hardisk. Fungsinya untuk menyimpan program atau data yang ada dalam komputer. Hardisk akan memberikan performa yang baik dalam akses internet dengan kapasitas minimum 10 GB. Sama seperti komponen yang lainnya, semakin besar kapasitas hardisk yang dipakai maka akan semakin bagus. Karena tentunya akan semakin banyak software yang mampu disimpan.

  1. Modem (Modulator Demodulator)

Merupakan alat komunikasi dua arah yang fungsinya untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Modem ada beberapa jenis, yakni Modem Internal, Modem Eksternal, Modem Kabel, dan Modem ADSL.

Berikut penjelasan dari masing-masing modem:

# Modem Internal merupakan modem yang dipasang di dalam komputer pada slot ekspansi di mainboard komputer. Dalam hal mendownload, kecepatan rata-ratanya adalah 56 Kbps. Dari segi harga, modem ini terbilang lebih hemat dan ekonomis. Dalam pemasangannya juga praktis, minim kabel serta tidak membutuhkan adaptor. Namun dalam memantau status modem akan sedikit sulit karena tidak adanya lampu indikator. Modem ini juga tidak memakai sumber tegangan tersendiri jadi harus ada power supply yang mendukung yang dampaknya sangat buruk yaitu meningkatkan suhu panas di kotak CPU (Central Processing Unit)

# Modem eksternal merupakan modem yang ada di luar CPU. Biasanya berukuran kecil, berbentuk persegi atau persegi panjang. Pemasangannya dengan menghubungkan modem ke power lalu menghubungkannya lagi ke adaptor dan disambungkan ke listrik. Media penghubungnya dengan menggunakan port com atau USB (Universal Serial Bus). Walau terbilang cukup mahal, modem ini cukup fleksibel karena bisa dibawa kemana-mana serta dilengkapi lampu indikator sehingga memudahkan dalam pemantauan status.

# Modem kabel (cable modem) yang digunakan untuk menyambungkan komputer ke TV kabel. TV kabel ini juga dapat digunakan untuk akses internet dengan melakukan pendaftaran ke penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider) terlebih dahulu. Kelebihan dari modem ini ada pada kecepatannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial up atau modem ADSL yaitu mencapai maksimal 27Mbps downstream untuk download ke pengguna dan 2,5Mbps upstream dari pengguna.

# Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang merupakan terobosan dari teknologi DSL (Digital Subscriber Line). Fungsi utamanya adalah membagi sinyal line telepon menjadi suara dan data sehingga anda bisa menerima panggilan telepon sambil mengakses internet secara bersamaan tanpa adanya gangguan.

  1. Saluran Telepon

Perangkat ini juga mempunyai peran untuk kelancaran akses internet karena jaringan telepon dipakai untuk meneruskan sinyal ke modem. Kabar baiknya sekarang tidak perlu lagi mendaftar ke ISP (Internet Service Provider) karena dengan menggunakan Telkomnet Instant bisa langsung mengakses internet. 

  1. Handphone atau Smartphone

Handphone dimanfaatkan pada perkembangan internet dengan aplikasi wireless dan menggunakan protokol WAP (Wireless Application Protocol).  WAP bekerja dengan modus teks pada kecepatan 9,6 Kbps. Pada perkembangannya muncul pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service) yang memiliki kecepatan 56 Kbps hingga 115 Kbps. Dilanjutkan dengan 3G (Third Generation) dengan kecepatan transfer data mencapai 230 Kbps. Dan yang terakhir adalah teknologi 4G yang kecepatannya bisa mencapai 4900 Kbps.

  1. Satelit

Satelit ini berkaitan dengan VSAT (Very Small Aperture Terminal) yang merupakan stasiun penerima sinyal dari satelit. VSAT ini menggunakan antena yang bentuknya seperti piringan dengan diameter 3 meter.

  1. NIC (Network Interface Card)

Merupakan perangkat yang fungsi utamanya menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Dilengkapi dengan MAC (Media Access Control) atau card address yang terdiri dari 12 bit angka. Tiap card memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Pada komputer MAC , NIC ini ditempatkan pada satu kotak khusus yang tertancap di port serial atau SCSI port.

  1. Kabel Jaringan

Ada 4 kabel jaringan yang merupakan rangkaian dari perangkat keras akses internet. Pertama adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan internet dengan membentuk suatu jaringan LAN(Local Area Network). Selanjutnya adalah kabel coaxial yang menguatkan komunikasi jarak jauh. Ketiga adalah kabel fiber optik. Harganya memang cukup mahal mengingat kabel ini mampu berfungsi ganda sebagai penguat jaringan internet sekaligus penguat komunikasi jarak jauh dengan kecepatan rata-rata 100+Mbps. Biasanya dipakai pada instalasi jaringan besar di perusahaan-perusahaan. Terakhir adalah Konektor RJ45 yang merupakan konektor standar untuk menghubungkan kabel dengan komputer.

  1. Router

adalah perangkat yang hampir memiliki kesamaan dengan bridge. Hanya saja router ini mampu menghubungkan dua LAN dengan tipe yang sama ataupun tipe yang berbeda.

  1. Repeater

merupakan perangkat yang fungsinya menerima sinyal lalu memancarkannya kembali atau dengan kata lain sebagai penguat sinyal agar sinyal yang dikirim sama dengan sinyal aslinya.

  1. Hub

merupakan perangkat yang dilengkapi banyak port untuk menggabungkan beberapa titik ke dalam satu jaringan. Pada jaringan yang paling sederhana, port ini akan langsung terhubung ke komputer server atau bisa juga ke hub lain pada jaringan yang cukup besar. Hub memiliki 4-24 port plus 1 port untuk terhubung ke server atau hub lain.

  1. Bridge

merupakan komponen jaringan yang fungsinya untuk memperluas jaringan dan menggabungkan dua media  jaringan yang berbeda.  Dengan bridge sebuah paket data dapat dikirim dari satu LAN ke LAN yang lainnya.

  1. TV Kabel

TV Cable juga masuk sebagai salah satu perangkat keras untuk akses internet. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, akses internet pada tv kabel ini menggunakan modem kabel. Contoh layanan layanan akses modem kabel pada jaringan TV kabel adalah cbn, indosat, linknet, centrin dan mynet. Dengan kemajuan teknologi yang terus menerus berkembang semoga bisa memberikan dampak positif untuk anda dalam mengembangkan diri.

sumber : https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/12_macam_perangkat_keras_untuk_akses_internet-589

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda