Fasilitasi 

PEMBELAJARAN DARING BERMUTU

pngaaa.com-7325002
Pembelajaran Daring

Pengertian pembelajaran daring

Pembelajaran daring merupakan istilah baku dalam bahasa Indonesia, atau sering dalam istilah bahasa inggris e-learning. Definisi pembelajaran daring sudah banyak pendapat yang diberikan oleh para ahli pendidikan. Secara ringkas pengertian dari pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan menggunakan perangkat komputer atau smartphone dan menggunakan teknologi jaringan internet sebagai media perantara. Dan juga digunakan untuk mendistribusikan konten materi secara keseluruhan atau sebagian.

Ketika terjadi pandemi di bulan maret tahun 2020, banyak lembaga pendidikan kesulitan untuk melakukan pembelajaran secara daring. Alasannya adalah karena mereka belum memiliki pengalaman, bagaimana mengajar yang baik dalam jaringan. Pada dasarnya prinsip pembelajaran yang dilakukan dengan moda daring sama dengan pada pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka. Yang mempunyai alur pembelajaran yang di awali dengan pendahuluan , kegiatan inti dan juga penutup.

Interaksi pembelajaran daring

Sebelum melakukan pembelajaran daring, seorang pendidik wajib membuat perencanaan kegiatan pembelajaran yang di lakukan secara daring. Kegiatan pembelajaran daring dapat terdiri dari: diskusi , gamification, brainstrorming , test formatif dan assesment. Kemudian bahan ajar yang disajikan juga harus dapat menarik minat dan motivasi peserta didik untuk belajar dll.

Setelah membuat perencanaan kemudian tahap implementasi pembelajaran. Perlu di ingat kembali bahwa prisipnya pembelajaran daring dan tatap mukan itu adalah sama. Untuk itu dalam proses pembelajaran daring harus terdapat 3 interaksi yang terdiri dari 3 yaitu:

  • Interkasi siswa dengan guru
  • interaksi antar siswa
  • interaksi siswa dengan materi bahan ajar

Proses Pembelajaran Daring

Dalam aktivitas pembelajaran juga dapat mengenalkan dan juga menjelaskan konsep dan/atau keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian memberikan motivasi siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Dalam pembelajaran daring yang menggunakan LMS moodle banyak aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan. Salah satu aktifitasnya adalah lesson, yang menggunakan konsep pembelajaran secara tatap muka. Aktivitas ini dapat digunakan secara dinamis sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Guru juga harus dapat memfasilitasi aktivitas komunikasi , agar semua siswa bisa ikut terlibat dan guru dapat juga memberikan masukan dan bimbingan pada forum diskusi tersebut. Pembelajaran yang aktif adalah pembelajaran yang melibatkan semua siswanya terlibat dalam pembelajaran daring. Contoh Pembelajaran daring SMA Islam Al Fath Plantungan

Penutup Pembelajaran Daring

Setelah proses pembelajaran selesai maka, perlu diberikan latihan-latihan mandiri yang harus dilakukan oleh siswa. Agar peserta didik dapat mengukur sejauh mana pemahaman mereka dari materi yang telah dipelajarinya. Dan yang paling penting adalah memberikan umpan balik yang cepat kepada siswa dalam setiap kegiatan. Hal ini merupakan bentuk bahwa seorang guru hadir di dalam proses pembelajaran daring, dan bukan hanya sekedar memberikan materi saja disuruh mencatat. Dalam Proses pembelajaran secara daring guru juga dapat memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi. Dengan memberikan penghargaan menggunakan kalimat motivasi dan juga pemberian badge. So sekarang berikan pembelajran daring kepada siswa kita, walaupaun dalam kondisi sudah memberlakukan pembelajaran tatap muka. Silahkan konsultasi via whatsapp , call atau zoom secara gratis . Atau bisa langusng subscribe now untuk berlangganan VPS

Kesimpulan

Dengan melakukan perencanaan yang baik , materi dan konten yang interakti, aktifitas pembelajaran daring yang menarik, maka pembelajaran daring dapat tercapai sesuai dengan alur tujuan pembelajaran. Saat ini pada tahun pelajaran 2022/2023 banyak sekolah yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka, dan mungkin pembelajaran daring tidak lagi dibutuhkan, akan tetapi seharusnya dalam proses pembelajaran tatap mukan ini siswa perlu diberikan literasi digital melalui pembelajaran daring. Tujuannya untuk menyiapkan satuan pendidikan melakukan e-readiness dalam skala mikro.

Untuk itu perlu didorong oleh semua stake holder yang ada dalam lingkungan sekolah , dan terus melakukan proses transformasi dari pendidikan konvensional ke pendidikan yang menggunakan teknologi secara tepat guna. Kegiatan ini sangat perlu dilakukan dalam melakukan implementasi kurikulum merdeka, merdeka belajar, pembelajaran yang fleksibel dan memfasilitasi karakter siswa yang sangat beragam.

Penulis

One thought on “Pembelajaran Daring

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top
send me
1
Hello, Apa yang bisa kami bantu