Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
Media Pembelajaran Teknologi Augmented Reality Menggunakan ASSEMBLR

Pendahuluan

Pendidikan adalah salah satu bidang yang terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang signifikan dalam pendidikan adalah penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran. AR memungkinkan integrasi antara dunia nyata dengan elemen-elemen digital yang menawarkan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Salah satu platform yang telah memfasilitasi pembuatan media pembelajaran AR adalah ASSEMBLR. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat media pembelajaran menggunakan AR ASSEMBLR dengan langkah-langkah terperinci.

Pembahasan

1. Pengertian Augmented Reality

Sebelum kita membahas langkah-langkah pembuatan media pembelajaran AR menggunakan ASSEMBLR, mari kita memahami terlebih dahulu apa itu Augmented Reality. AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen-elemen digital, seperti gambar, video, atau suara, untuk menciptakan pengalaman yang interaktif dan menarik. Dalam konteks pendidikan, AR memungkinkan pendidik untuk menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih visual dan dinamis.

2. ASSEMBLR: Platform Pembuatan AR

ASSEMBLR adalah platform yang dirancang khusus untuk membuat konten AR tanpa perlu pengetahuan pemrograman yang mendalam. Dengan ASSEMBLR, pendidik dan instruktur dapat dengan mudah membuat media pembelajaran yang berbasis AR. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat media pembelajaran menggunakan AR ASSEMBLR:

3. Persiapan Materi Pembelajaran

Langkah pertama dalam membuat media pembelajaran AR adalah menyiapkan materi pembelajaran yang akan digunakan. Materi ini bisa berupa teks, gambar, video, atau elemen-elemen lainnya yang relevan dengan topik pembelajaran. Pastikan materi ini sudah terstruktur dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

4. Membuat Akun ASSEMBLR

Untuk mulai menggunakan ASSEMBLR, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Buka situs web ASSEMBLR dan ikuti panduan untuk membuat akun. Setelah berhasil mendaftar dan masuk, Anda akan memiliki akses ke berbagai fitur yang disediakan oleh platform ini.

5. Membuat Proyek Baru

Setelah masuk ke akun ASSEMBLR, langkah berikutnya adalah membuat proyek baru. Proyek ini akan menjadi wadah untuk semua konten AR yang akan Anda buat. Beri judul proyek sesuai dengan topik atau materi pembelajaran yang akan Anda sampaikan. Baca juga artikel kami : Pembelajaran daring

6. Menambahkan Konten AR

Sekarang, Anda dapat mulai menambahkan konten AR ke dalam proyek Anda. ASSEMBLR menyediakan berbagai jenis konten AR yang dapat Anda pilih, seperti gambar 3D, video AR, atau tampilan interaktif. Anda dapat mengunggah konten sendiri atau menggunakan konten yang sudah ada dalam platform.

7. Mendesain Pengalaman AR

Setelah konten AR ditambahkan, Anda dapat mulai mendesain pengalaman AR yang ingin Anda berikan kepada siswa. Anda dapat mengatur bagaimana konten AR akan muncul saat siswa menggunakan perangkat AR, seperti ponsel pintar atau tablet. Anda juga dapat menambahkan petunjuk atau keterangan untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.

8. Menghubungkan Konten dengan Materi

Salah satu keunggulan ASSEMBLR adalah kemampuannya untuk menghubungkan konten AR dengan materi pembelajaran. Anda dapat menambahkan tautan atau pembaruan yang terkait dengan materi yang telah disiapkan sebelumnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk menjelajahi konten AR sambil memahami konsep-konsep yang diajarkan.

9. Uji Coba dan Evaluasi

Sebelum meluncurkan media pembelajaran AR Anda kepada siswa, penting untuk melakukan uji coba dan evaluasi terlebih dahulu. Pastikan semua fitur berfungsi dengan baik dan konten AR dapat diakses dengan lancar. Mintalah masukan dari rekan-rekan pendidik atau instruktur untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran Anda.

10. Peluncuran dan Penggunaan

Setelah media pembelajaran AR Anda siap, Anda dapat meluncurkannya kepada siswa Anda. Berikan instruksi tentang cara mengakses dan menggunakan media pembelajaran ini melalui perangkat AR mereka. Pastikan untuk memberikan dukungan jika siswa mengalami kesulitan dalam mengakses atau memahami materi.

Kesimpulan

Penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran dapat mengubah cara siswa memahami dan berinteraksi dengan materi pembelajaran. ASSEMBLR adalah salah satu platform yang memudahkan pembuatan media pembelajaran AR tanpa perlu keahlian pemrograman yang kompleks. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, pendidik dan instruktur dapat dengan mudah menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Daftar Pustaka

Berikut adalah beberapa sumber referensi yang dapat digunakan untuk mendalami penggunaan Augmented Reality dalam pendidikan:

  1. Klopfer, E., & Squire, K. (2008). Environmental detectives—the development of an augmented reality platform for environmental simulations. Educational Technology Research and Development, 56(2), 203-228.
  2. Dünser, A., Hornecker, E., & Prodinger, A. (2009). Physical prototyping with cardboard augmented reality models. In Proceedings of the 27th international conference on Human factors in computing systems (pp. 2663-2672).
  3. Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and virtual environments, 6(4), 355-385.
  4. ASSEMBLR official website: https://www.assemblr.com/

Dengan merujuk pada sumber-sumber di atas, Anda dapat lebih mendalami konsep Augmented Reality dalam konteks pendidikan dan mengembangkan keterampilan Anda dalam menggunakan ASSEMBLR untuk membuat media pembelajaran yang inovatif. Baca Juga : LMS Moodle

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda