Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

Bersiaplah untuk Masa Depanmu, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023!

Daftar Isi

Pengantar

Seleksi ini merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa hanya mahasiswa yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang tepat. Memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Seleksi ini akan menilai kemampuan akademik, kemampuan bahasa, dan keterampilan sosial mahasiswa yang berpartisipasi. Seleksi ini akan membantu mahasiswa yang berpartisipasi untuk mencapai tujuan akademik mereka. Kami juga berharap bahwa seleksi ini akan membantu perguruan tinggi untuk menemukan mahasiswa yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang tepat untuk mengikuti program akademik.

Seleksi ini akan menjadi proses yang menyenangkan dan menantang bagi semua pihak yang terlibat. Kami berharap bahwa hasil dari seleksi ini akan membantu mahasiswa untuk mencapai tujuan akademik mereka dan membantu perguruan tinggi untuk menemukan mahasiswa yang tepat untuk program akademik.

image : https://www.brainacademy.id/blog/informasi-lengkap-snmptn-snbp

Tiga Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negri

Peluncuran Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 pada hari Kamis (1/12). Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Ada tiga jalur masuk yaitu jalur :

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)
  3. Seleksi Mandiri.

SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam menyampaikan bahwa seleksi nasional ini memang penting untuk memastikan para siswa yang duduk di bangku SMA, SMK, MA kelas 12 dan calon mahasiswa mendapatkan kesempatan yang berkeadilan serta kesetaraan untuk meraih cita-cita di perguruan tinggi yang menjadi pilihannya.

“Karena seleksi nasional ini diselenggarakan oleh pemerintah, maka diatur secara bersama-sama agar akses ke perguruan tinggi negeri tersebut lebih mudah dijangkau oleh anak-anak kita dari Sabang sampai Merauke,” tutur Nizam.

Baca Juga : Universitas Terbuka Program studi Teknologi pendidikan

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Pada jalur prestasi mengandalkan prestasi siswa selama mengikuti pendidikan tingkat atas SMA, SMK, MA. Jika selama ini prestasi diserahkan kepada masing-masing perguruan tinggi untuk membuat kriteria dan melakukan penyaringan. Maka melalui 2023 kriterianya diseragamkan dengan dibuat suatu acuan bersama sehingga ada kesetaraan jalur masuk prestasi SNBP

Selanjutnya, pada seleksi berbasis tes, selain melihat dari kemampuan kognitif juga mengacu pada literasi bahasa Indonesia dan bahasa asing serta numerasi bernalar kritis. “Hal ini melihat pada pada praktik internasional seleksi masuk perguruan tinggi tidak berdasarkan subjek mata pelajaran akan tetapi lebih pada potensi dari calon mahasiswa melalui tes skolastik, kemampuan bernalar, menyelesaikan permasalahan, berpikir kritis, numerasi, literasi dari setiap program studi yang dipilihnya,” imbuh Nizam.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Sementara itu, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Mochamad Ashari menjelaskan bahwa jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%. Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Peserta SNBT harus mengikuti UTBK yang diselenggarakan Pusat UTBK PTN. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali. Untuk mengikuti UTBK dikenai biaya pendaftaran. Calon peserta yang dapat mengikuti SNBT 2023 adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023. Hasil UTBK hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2023. Mekanisme seleksi SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN.

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Adapun alur pelaksanaan SNPMB 2023 diawali dengan registrasi akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id). Dalam proses pengisian PDSS, pendaftaran SNBP, hingga pendaftaran UTBK-SNBT, pendaftar wajib memiliki akun SNPMB-BPPP melalui Single Sign On (SSO).

  • Registrasi Akun SNPMB diselenggarakan pada 14 Januari–15 Februari 2023. Registrasi ini diperuntukan khusus lulusan 2023 dan akan ikut SNBP.
  • Selanjutnya, penetapan siswa eligible oleh sekolah diadakan pada 3 Januari– 8 Februari 2023;
  • Pengisian PDSS 9 Januari–9 Februari 2023
  • Pendaftaran SNBP 14–28 Februari 2023
  • Pengumuman hasil SNBP dijadwalkan pada 28 Maret 2023
  • Sedangkan jadwal pendaftaran ulang peserta yang lulus SNBP dapat dilihat pada laman PTN penerima.

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

  • Registrasi akun SNPMB 16 Februari–3 Maret 2023
  • Pendaftaran UTBK dan SNBT 23 Maret–14 April 2023.
  • Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang, yaitu gelombang 1 pada 8–14 Mei 2023 dan gelombang 2 pada 22–28 Mei 2023.
  • Pengumuman hasil seleksi jalur SNBT dijadwalkan pada 20 Juni 2023.

Ashari juga menjelaskan pendaftar SNPMB 2023 dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Informasi detail dapat dilihat pada laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://kipkuliah.kemdikbud.go.id.

Seleksi Mandiri

Sementara pada seleksi mandiri, Nizam menyebut ini menjadi kewenangan PTN untuk mengakomodasi berbagai macam kondisi. Misalnya perguruan tinggi daerah diharapkan dapat mengakomodasi putra putri daerah. “Kita memberikan akses yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan dan kekhasan perguruan tinggi melalui jalur mandiri tersebut,” ujar Nizam.

Persiapan Sebelum Menghadapi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

Persiapan sebelum menghadapi Seleksi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pelajari Syarat dan Ketentuan Seleksi. Pastikan Anda memahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023.
  2. Pelajari Materi Ujian. Pastikan Anda memahami materi yang akan diujikan
  3. Persiapkan Dokumen Persyaratan. Pastikan Anda mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023.
  4. Lakukan Latihan Soal. Pastikan Anda melakukan latihan soal untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengerjakan soal-soal yang akan diujikan dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023.
  5. Lakukan Refleksi Diri. Pastikan Anda melakukan refleksi diri untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menghadapi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023.
  6. Lakukan Konsultasi. Pastikan Anda melakukan konsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023.

Dengan melakukan persiapan yang tepat, Anda akan lebih siap untuk menghadapi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023. Semoga berhasil!

Kesimpulan

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 adalah proses seleksi yang digunakan untuk memilih calon mahasiswa yang akan diterima di berbagai universitas di seluruh Indonesia. Proses seleksi ini menggunakan berbagai metode untuk menentukan siapa yang akan diterima, termasuk tes tertulis, wawancara, dan penilaian portofolio. Proses seleksi ini bertujuan untuk memastikan bahwa hanya calon mahasiswa yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang tepat yang akan diterima di universitas.

 

Informasi resmi tentang SNBP dan UTBK-SNBT 2023 dapat dilihat pada laman http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Layanan Call Center pada nomor 0804 1 450 450 dan Help Desk melalui https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Akun media sosial SNPMB dapat dilihat pada IG: @_snpmbbppp, Twiter: @snpmb_bppp dan Tiktok: snpmb_bppp, atau Facebook & Youtube: SNPMB BPPP.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id

Sumber : https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/peluncuran-sistem-seleksi-nasional-penerimaan-mahasiswa-baru-tahu-2023/

Comments are closed!

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda