Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
Model ASSURE

Pengantar

Model ASSURE adalah model pembelajaran yang dikembangkan oleh Dr. Robert Gagne untuk membantu guru menyusun pembelajaran yang efektif. Model ini menekankan pada enam tahap yang harus dilalui oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model ini mencakup tahap perencanaan, pengorganisasian, aktivasi, sumber daya, pengalaman belajar, dan evaluasi. Model ini menekankan pada pentingnya mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menyediakan sumber daya yang tepat, mengaktifkan pengetahuan yang dimiliki siswa, menyediakan pengalaman belajar yang menarik, dan mengevaluasi hasil belajar. Model ini telah digunakan oleh banyak guru di seluruh dunia untuk membantu mereka menyusun pembelajaran yang efektif.

Bagaimana Model ASSURE Membantu Guru Mengajar Secara Efektif

Model ASSURE membantu guru mengajar secara efektif dengan menyediakan lima langkah yang dapat diikuti oleh guru. Langkah-langkah ini meliputi: (1) Pemilihan Tujuan dan Standar; (2) Penyusunan Strategi dan Metode; (3) Penyediaan Pengalaman Belajar; (4) Penilaian dan Umpan Balik; dan (5) Evaluasi. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, guru dapat memastikan bahwa materi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh siswa. Model ini juga membantu guru mengidentifikasi kebutuhan siswa dan menyesuaikan materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dengan demikian, guru dapat meningkatkan efektivitas pengajaran mereka.

Cara Mengimplementasikan Model ASSURE di Kelas

Implementasi Model ASSURE di Kelas adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Model ini mencakup enam langkah yang harus dilakukan oleh guru untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pembelajaran yang berkualitas. Langkah-langkah tersebut adalah: 1. Analisis: Guru harus menganalisis tujuan pembelajaran, materi, dan siswa yang akan dipelajari. 2. Sintesis: Guru harus menyintesis materi yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran. 3. Standarisasi: Guru harus menetapkan standar yang harus dicapai oleh siswa. 4. Uji: Guru harus menguji siswa untuk memastikan bahwa mereka telah mencapai standar yang telah ditetapkan. 5. Rekonsiliasi: Guru harus memastikan bahwa siswa telah memahami materi yang telah dipelajari. 6. Evaluasi: Guru harus mengevaluasi hasil pembelajaran dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, guru dapat memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pembelajaran yang berkualitas. Implementasi Model ASSURE di Kelas dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pembelajaran yang berkualitas.

Bagaimana Model ASSURE Membantu Guru Mengajar dengan Teknologi

Model ASSURE membantu guru mengajar dengan teknologi dengan menyediakan panduan yang terdiri dari enam langkah. Langkah-langkah ini membantu guru mengidentifikasi tujuan pembelajaran, memilih teknologi yang tepat, menyiapkan lingkungan belajar, mengajukan pertanyaan, mengevaluasi hasil, dan mengkomunikasikan hasil. Model ini membantu guru mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran mereka dengan cara yang efektif dan efisien. Model ini juga membantu guru meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Dengan menggunakan model ini, guru dapat memastikan bahwa teknologi yang digunakan dalam pembelajaran mereka efektif dan efisien.

Bagaimana Model ASSURE Membantu Guru Mengajar dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

Model ASSURE membantu guru mengajar dengan metode pembelajaran berbasis masalah dengan menyediakan lima langkah yang berbeda. Langkah pertama adalah menyediakan tujuan pembelajaran yang jelas. Guru harus menentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan mengkomunikasikannya kepada siswa. Langkah kedua adalah mengidentifikasi prasyarat. Guru harus mengidentifikasi prasyarat yang diperlukan untuk memahami masalah yang akan dibahas. Langkah ketiga adalah menyediakan pengalaman belajar. Guru harus menyediakan pengalaman belajar yang relevan dan menarik bagi siswa. Langkah keempat adalah mengevaluasi hasil belajar. Guru harus mengevaluasi hasil belajar siswa untuk memastikan bahwa mereka telah memahami masalah yang dibahas. Langkah terakhir adalah menyediakan generalisasi dan aplikasi. Guru harus menyediakan cara untuk membantu siswa mengaitkan konsep yang dipelajari dengan situasi lain dan menggunakannya dalam situasi nyata. Dengan menggunakan model ASSURE, guru dapat membantu siswa memahami masalah dengan lebih baik dan menggunakannya dalam situasi nyata.

Bagaimana Model ASSURE Membantu Guru Mengajar dengan Pendekatan Kontekstual

Model ASSURE membantu guru mengajar dengan pendekatan kontekstual dengan menyediakan lima langkah yang berbeda. Langkah-langkah ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pengaturan, (3) pengenalan, (4) pengembangan, dan (5) evaluasi. Langkah-langkah ini membantu guru mengidentifikasi tujuan pembelajaran, memilih strategi pembelajaran yang tepat, menyediakan materi yang relevan, mengembangkan keterampilan yang diperlukan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Dengan menggunakan model ini, guru dapat memastikan bahwa pembelajaran yang mereka berikan berfokus pada konteks dan menyediakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran yang efektif. Baca Juga Model ADDIE

Kesimpulan

Model ASSURE adalah model pembelajaran yang berfokus pada enam tahap yang berbeda yang membantu guru menyusun pembelajaran yang efektif. Model ini menekankan pentingnya mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menyusun strategi pembelajaran, menyediakan pengalaman belajar, mengevaluasi hasil belajar, menyediakan bimbingan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Model ini menekankan pentingnya menggunakan pendekatan yang berorientasi pada siswa dan menyediakan lingkungan belajar yang kondusif. Model ini juga menekankan pentingnya menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas. Model ini juga menekankan pentingnya menggunakan berbagai teknik evaluasi untuk memastikan bahwa siswa telah mencapai tujuan pembelajaran. Referensi : https://pusdiklatwas.bpkp.go.id/asset/files/post/a_76/Assure_sebagai_sebuah_model_Desain_Pembelajaran.pdf

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda