Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
Merancang media pembelajaran

Media Pembelajaran merupakan alat bantu untuk proses pembelajaran, Maka perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu.

Daftar isi

Pengantar

Media pembelajaran ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan siswa dan gaya belajar yang sesuai. Kami berharap media pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan yang lebih baik dan dapat digunakan sebagai sarana untuk mengejar prestasi yang lebih baik. Kami akan senantiasa melakukan evaluasi dan revisi terhadap media pembelajaran ini untuk menjamin efektifitas dan relevansi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Media menyediakan berbagai macam materi pembelajaran, termasuk video, teks, gambar, dan lain-lain. Media pembelajaran menyediakan berbagai macam alat bantu untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Tujuan dari mengembangkan media pembalajaran dirancang untuk membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien.

Jenis Ragam Media Pembelajaran

Ada beberapa jenis ragam media pembelajaran yang sering digunakan dalam proses belajar, diantaranya:

  1. Media cetak: seperti buku teks, jurnal, majalah, komik, dan lain-lain.
  2. Media audio: seperti rekaman suara, podcast, dan lain-lain.
  3. Media video: seperti film, animasi, video tutorial, dan lain-lain.
  4. Media digital: seperti website, aplikasi pembelajaran, e-book, dan lain-lain.
  5. Media visual: seperti foto, poster, gambar, dan lain-lain.
  6. Media interaktif: seperti game-based learning, simulasi, virtual reality, dan lain-lain.
  7. Media peraga: seperti alat peraga fisika, model, skema, diorama dan lain-lain.
  8. Media outdoor: seperti kegiatan outdoor, field trip, dan lain-lain.
  9. Media live: seperti presentasi, demonstrasi, dan lain-lain.
  10. Media kombinasi: seperti menggabungkan beberapa jenis media seperti video dengan audio, game dengan buku teks, dan lain-lain. Fasilitas layanan website untuk pembelajaran.

 

Merancang Media Pembelajaran

Ada bermacam model desain yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, berikut ini adalah bagaimana cara membuat media pembelajaran yang dilakukan secara umum. Yang meliputi analisis , menentukan tujuan, memilih media , menggunakan media ,dan evaluasi. Untuk melakukan meranncang media pembelajaran yang efektif memerlukan beberapa langkah yang harus diperhatikan, diantaranya:

  1. Identifikasi tujuan pembelajaran: pertama-tama, perlu ditentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui penggunaan media pembelajaran tersebut.
  2. Analisis kebutuhan siswa: analisis kebutuhan siswa dalam hal kemampuan, minat, dan gaya belajar merupakan hal penting dalam merancang media pembelajaran.
  3. Pemilihan media yang sesuai: setelah menentukan tujuan pembelajaran dan menganalisis kebutuhan siswa, selanjutnya adalah memilih media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa.
  4. Perencanaan penggunaan media: Perencanaan penggunaan media meliputi pemilihan metode pembelajaran, penentuan jadwal, pembuatan skenario pembelajaran, dan persiapan alat-alat yang dibutuhkan.
  5. Evaluasi efektifitas media: Setelah media digunakan dalam proses pembelajaran, perlu dilakukan evaluasi terhadap efektifitas media tersebut, yang dapat dilakukan dengan mengukur hasil belajar siswa atau dengan mengumpulkan masukan dari siswa.
  6. Revisi: Setelah evaluasi dilakukan, perlu dilakukan revisi terhadap media yang digunakan jika diperlukan.

Merancang media pembelajaran yang efektif memerlukan perhatian yang cukup besar terhadap tujuan pembelajaran, kebutuhan siswa, dan pemilihan media yang sesuai. Pembuatan media pembelajaran harus diikuti dengan evaluasi yang baik untuk menjamin efektifitas media pembelajaran yang digunakan.

model 3 D molekul

Tips Merancang Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar

  1. Buatlah tujuan pembelajaran yang jelas. Tujuan ini harus mencakup apa yang ingin dicapai oleh peserta didik dan harus dapat diukur.
  2. Pilihlah media yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media yang tepat dapat berupa video, presentasi, atau bahan ajar lainnya.
  3. Buatlah rencana pembelajaran yang jelas. Rencana ini harus mencakup materi yang akan diajarkan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan materi, dan cara mengukur hasil belajar.
  4. Sediakanlah bahan ajar yang berkualitas. Bahan ajar harus mudah dipahami dan menarik bagi peserta didik.
  5. Sediakanlah waktu untuk diskusi dan tanya jawab. Diskusi dan tanya jawab dapat membantu peserta didik untuk memahami materi dengan lebih baik.
  6. Sediakanlah waktu untuk latihan. Latihan dapat membantu peserta didik untuk menguasai keterampilan yang diajarkan.
  7. Sediakanlah umpan balik yang bermanfaat. Umpan balik dapat membantu peserta didik untuk mengevaluasi hasil belajarnya dan meningkatkan keterampilan belajar.

Kesimpulan

Merancang media pembelajaran adalah proses yang kompleks yang melibatkan banyak aspek. Aspek termasuk penentuan tujuan, pemilihan materi, pemilihan strategi pembelajaran, pemilihan media, dan evaluasi. Merancang media pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang tepat dan kreatif, serta penggunaan teknologi yang tepat. Dengan merancang media pembelajaran yang tepat, para guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Referensi :

https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda