Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
Test formatif dengan Quizizz

Pendahuluan

Pembelajaran dapat di nyatakan baik, apa bila diakhir pembelajaran memberikan penilaian formatif. Tes formatif ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa setelah mengikuti proses belajar dari awal sampai akhir. Test formatif ini juga termasuk feedback dari siswa yang secara spontan, berdasarkan pengalaman belajar yang didapatkannya.

Tes Formatif

Menurut Subhan (2008) tes formatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan atau topik yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh manakah proses pembelajaran telah berjalan sebagaimana telah direncanakan. Tes Formatif ini dapat diberikan ke siswa setelah pembelajaran akan berakhir. Kemudian unutk bentuk tes formatif yang dilakukan oleh guru, tentunya terdapat perbedaan-perbedaan dan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah. Guru dapat juga memberikan beberapa butir pertanyaan kepada siswa secara lisan, akan tetapi cara ini, tidak dapat di ukur secara menyeluruh. Tes Formatif yang dilakukan menggunakan instrumen penilaian juga membutuhkan waktu yang lama , baik distribusi soal dan juga proses koreksi jawaban siswa.

Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool yang berupa permainan kuis online yang dapat digunakan sebagai penilaian formatif dalam pembelajaran (Basuki & Hidayati, 2019; Chaiyo & Nokham, 2017). Penggunaan aplikasi Quizizz ini cukup mudah, kuis yang telah disusun dapat langsung ditambahkan ke dalam Quizizz dan dapat diatur baik gambar, UI/UX dari aplikasi ini sangat sesuai dengan siswa kita di era digital, yang penuh dengan animasi . Back ground maupun opsi pilihannya daapt disesuaikan dan di custome dengan berbagai hal yang menarik lainya.

Test Fomartif Quizizz

Setelah soal sudah dibuat dan ditentukan jawaban mana yang tepat, maka kuis dapat dibagikan dengan kode kepada siswa. Siswa dapat bergabung dengan memasukan kode dan masuk kedalam url Quizizz. Yang menarik adalah ketika siswa mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan , mereka merasa termotivasi untuk saling berkompetisi, agar dapat menjawab dengan benar dan mendapatkan nilai yang terbaik. Yang lebih serunya lagi ada feedback dalam bentuk gambar yang ditampilkan, bila siswa dapat menjawab dengan benar ataupun salah. Akhirnya siswapun merasa sangat senang dengan test formatif yang dilakukan melalui quizizz. Quizizz menyediakan data statistik dari hasil pengerjaan kuis oleh siswa yang dapat diunduh dalam bentuk spreadsheet Excel

Kesimpulan

Siswa kita saat ini merupakan digital native , dimana mereka lahir disaat teknologi internet sudah berkembang, maka dalam memberikan kegiatan belajar, akan lebih jika disesuikan dengan kondisi siswa. Akan tetapi perlu juga mempertimbangkan terkait dengan sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses belajar. Klik disini untuk mulai berkarya menggunakan kuis untuk siswa-siswi kita , agar mereka akan selalu termotivasi untuk selalu belajar.

Penulis

Nurdin

Daftar Pustaka :

https://nbfsoft.com/2022/10/test-formatif-dengan-quizizz/

https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/14284/11228

https://Quizizz.ref-r.com/c/i/29521/72469731

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda