Info Pedidikan

ESSAY GURU PENGGERAK (2)

Prakata

Berikut adalah contoh jawaban soal essay Guru Penggerak yang telah dibuat oleh penulis. Semoga dapat menjadi rujukan pembaca dalam membuat essay nya masing-masing sesuai dengan pengalaman yang telah dialami oleh pembaca. Jurus lulus seleksi tahap 1 Guru Penggerak adalah dengan menulis essay yang riil dan sesuai dengan pengalaman pribadi yang telah dilakukan, bukan yang akan dilakukan. Jawaban essay ini adalah jawaban penulis yang dibuat berdasarkan pengalamanya. Contoh jawaban ini TIDAK DISARANKAN UNTUK DISALIN sebagai jawaban pembaca, namun hanya SEBAGAI GAMBARAN cara menjawab soal essay pada seleksi guru penggerak Tahap 1.

SOAL NOMOR 2

APA KELEBIHAN YANG MENDUKUNG PERAN ANDA SEBAGAI GURU PENGGERAK? JELASKAN ALASANNYA DAN BERIKAN CONTOHNYA!

Kelebihan penulis yang mendukung peranya sebagai guru penggerak diantaranya:

  1. Telah mengikuti dan lulus dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 31 Oktober hingga 9 November 2020.
  2. Telah mengikuti dan lulus dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 20 November hingga 9 Desember 2020.
  3. Komunitas MGMP mendapatkan piagam penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas partisipasi peserta pada Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 pada 20 Desember 2020 secara daring.
  4. Telah mengikuti dan lulus pada kegiatan English Language Teacher Improvement Course yang dilselenggarakan oleh TEFLIN berkerjasama dengan The University of Sheffield pada Januari maret 2021 secara daring.
  5. Telah mengikuti dan lulus dalam kegiatan eLearning dan Coaching Clinic Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Keterampilan Hidup yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 4 Juli 27 Agustus 2021.
  6. Telah mengikuti dan lulus dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 19 – 26 Mei 2021.
  7. Telah mengikuti dan lulus dalam Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 12 – 19 Juni 2021.
  8. Telah mengikuti dan lulus dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 4 – 8 Januari 2021.
  9. Sekolah mendapat piagam perhargaan atas partisipasi dan keaktifan penulis pada Tahap Pengimbasan di SMA ISLAM AL FATH pada Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 9 Agustus 2021.
  10. Telah mengikuti dan lulus dalam menyelesaikan Pelatihan pada Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru pada program Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 21 Juni hingga 25 Agustus 2021.
  11. Telah lulus dan berperan aktif pada program Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Tahun 2021 Level Literasi sampai dengan Level Implementasi yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 9 Mei hingga 4 Agustus 2021.

Kesimpulan

Demikianlah soal essay guru penggerak nomer 2, semoga bisa menjadi referensi bapak/ibu guru untuk memahami konsep jawaban yang saya berikan. Semoga sukses.

Teguh Prihati

Recent Posts

LMS Canvas dalam Pembelajaran Guru Penggerak

Pendahuluan Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan sebuah bangsa. Di Indonesia, pemerintah telah…

4 weeks ago

Evolusi Pembelajaran Daring: Memahami Perubahan dan Masa Depan Pendidikan Digital

Pendahuluan Pembelajaran daring telah menjadi salah satu inovasi terbesar dalam pendidikan modern. Seiring dengan kemajuan…

1 month ago

Membangun Infrastruktur Learning Management System di Google Cloud

Pendahuluan Dalam era digital saat ini, Learning Management System (LMS) menjadi alat penting untuk menyampaikan…

1 month ago

Data industry in 2024

Download now Explore the five trends shaping the data industry in 2024Last year, generative AI…

1 month ago

Migrasi Google Cloud Platform

Mulai migrasi Anda ke Google Cloud Platform Merencanakan migrasi cloud bisa menjadi rumit dan cepat.…

1 month ago

Artificial Intelligence sebagai Sumber Belajar yang Dinamis

Pendahuluan Perkembangan teknologi di era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk…

1 month ago