Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
ESSAY GURU PENGGERAK (1)

Berikut adalah contoh jawaban soal essay Guru Penggerak yang telah dibuat oleh penulis. Semoga dapat menjadi rujukan pembaca dalam membuat essay nya masing-masing sesuai dengan pengalaman yang telah dialami oleh pembaca. Jurus lulus seleksi tahap 1 Guru Penggerak adalah dengan menulis essay yang riil dan sesuai dengan pengalaman pribadi yang telah dilakukan, bukan yang akan dilakukan. Jawaban essay ini adalah jawaban penulis yang dibuat berdasarkan pengalamanya. Contoh jawaban ini TIDAK DISARANKAN UNTUK DISALIN sebagai jawaban pembaca, namun hanya SEBAGAI GAMBARAN cara menjawab soal essay pada seleksi guru penggerak Tahap 1. Semoga bermanfaat.

SOAL NOMOR 1

APA YANG MEMOTIVASI ANDA MENJADI GURU PENGGERAK? APA YANG ANDA LAKUKAN DALAM MEWUJUDKAN MOTIVASI TERSEBUT?

Motivasi penulis untuk menjadi guru penggerak yaitu untuk berpartisipasi dalam rangka mencerdaskan bangsa. Khususnya daerah tempat tinggal penulis yang mayoritas penduduknya tidak berpendidikan.
Dalam mewujudkan motivasi tersebut yang penulis lakukan diantaranya:

  1. Menjadi guru tetap yayasan pada lembaga pendidikan Yayasan Fathonah Bina Insani di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal.
  2. Aktif dalam berbagai kegiatan sekolah, MGMP dan yayasan.
  3. Melakukan pengembangan diri melalui berbagai kegiatan pelatihan yang diadakan oleh pemerintah kabupaten, universitas dan pemerintah pusat.
  4. Mendedikasikan diri untuk keberlangsungan pendidikan di daerah tempat tinggal penulis.

Dengan mengikuti pendidikan Program Guru Penggerak, penulis berharap dapat mengembangkan 4 kompetensi (kepribadian, sosial, pedagogik, profesional) yang wajib dimiliki oleh seorang guru dengan lebih baik lagi. Dengan ilmu yang diperoleh penulis dapat membawa pergerakan ke arah yang lebih baik untuk kemajuan sekolah khususnya dan berkontribusi pada pendidikan indonesia yang lebih baik.

2 thoughts on “ESSAY GURU PENGGERAK (1)

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda