Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
Pembelajaran Informatika kurikulum Merdeka

Latar Belakang

Pada tahun pelajaran baru tahun 2022/2023 , Kemendikbud mulai implementasi kurikulum merdeka. Dalam kurikulum yang baru ini, adanya perubahan mata pelajaran wajib yang harus dilakukan disekolah, yaitu pelajaran Informatika. Mapel Informatika ini tidak asing lagi bagi guru yang telah mengajar TIK dan sudah melakukanya kurang lebih 16 tahun. Mapel TIK mulai di berlakukan pada kurikulum KTSP 2006 sampai pada tahun 2013. Dengan adanya kurikulum 2013 maka mapel TIK di hilangkan dan diganti dengan Mata Pelajaran Prakarya. Kemudian saat ini mulai lagi di berlakukan dengan konsep yang berbeda dan materi yang sesuai dengan perubahan dan perkembangan jaman. Dengan adanya tatangan hidup di masa depan yang lebih sulit dan lebih canggih, untuk itu mapel Informatika ini dirancang khusus agar peserta didik mempunyai pengetahuan dan keterampilan dibidang informatika yang lebih baik.

Pengertian Informatika

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk memecahkan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris Informatics, Computing, atau Computer Science. Informatika mencakup pemodelan dari “komputasi” dan aplikasinya dalam pengembangan sistem komputer. Apa itu komputasi?

Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.


Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (Computational Thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoritis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan memecahkan persoalan. Siswa yang belajar
informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. IInformatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik (computational thinking). Dan berbeda dari bidang ilmu lainnya. Ide-idenya tahan lama (20 tahun lebih dan masih terpakai sampai sekarang). Prinsip-prinsip intinya dapat diajarkan tanpa bergantung kepada teknologi tertentu.

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda