Fasilitasi Pendidikan jarak jauh dengan Pembelajaran Daring

 
image header
Metaverse Dalam Dunia Pendidikan

Metaverse

Pendahuluan

Dunia teknologi tidak pernah berhenti untuk menghadirkan inovasi-inovasi terbaru yang lebih canggih dari teknologi sebelumnya. Saat ini internet bukan merupakan suatu hal yang baru. Semenjak pertama kali di kembangkan oleh Depatemen Pertahanan Amerikan sekitar pada tahun 1969. Kemudian ke Indonesia pada tahun 1988 mulai berkembang dan saat ini pengguna internet sudah hampir dirasakan oleh manusia diseluruh dunia. Peran internet sangat penting dalam keberlangsungan membantu manusia dalam segala bidang.

Teknologi yang saat ini banyak di kembangkan oleh para ilmuwan dan juga industri digital adalah teknologi metaverse. Dalam dunia pendidikan, semua sarana penunjang pembelajaran dan untuk membantu meningkatkan hasil belajar pasti akan menggunakan teknologi. Konsep ini sesuai dengan definisi dari teknologi pendidikan AECT 2004. Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam memfasilitasi pembelajaran, memperbaiki kinerja dengan cara menciptakan, memanfaatkan, mengelola dan sumber teknologi. Dari definisi ini ditemukan beberapa komponen. Diantaranya, yaitu: studi, praktek etis, memfasilitasi, pembelajaran, memperbaiki, kinerja, menciptakan, memanfaatkan, mengelola, proses, teknologi dan sumber-sumber

Definisi Metaverse

Definisi Metaverse adalah Secara Etimologi, metaverse berasal dari kata “meta” yang artinya melampaui dan “verse” berarti alam semesta. Sehingga jika disatukan metaverse memiliki arti melampaui alam semesta. Ketika kita berbicara tentang metaverse, atau dunia virtual yang di bantu dengan device headset VR. Metaverse pada dasarnya adalah ranah digital yang menggunakan AR/VR dan solusi teknologi terdesentralisasi untuk mendorong interaksi, dan koneksi bagi penggunanya. Penggunaan metaverse tidak hanya terbatas pada sektor game dan hiburan tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk industri pendidikan. Ini menggabungkan keuntungan mendalam dari teknologi generasi berikutnya untuk mencapai pendekatan virtual menuju pembelajaran sosial.

Saat ini bahwa virtual rality sangat membantu dalam proses pembelajaran yang merupakan sebuah pilihan untuk menampilkan suatu model. Kondisi ini yang tidak mungkin di hadirkan secara kongrit. Metaverse dapat menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menarik lagi karena dalam dunia tersebut kita dapat interaksi dengan orang lain . Kehadiran Metaverse saat ini tentu akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di era digital. Baca juga pembelajaran daring.

sumber gambar : https://www.edverse.com/metaverse-classrooms/

Metaverse untuk pendidikan

Implementasi yang dapat di kembangkan metaverse dalam dunia pendidikan meliputi kegiatan praktek laboratorium yang mempunyai resiko berbahaya dalam kegiatan nyata. Dengan adanya laboratorium metaverse mengurangi resiko tersebut. Kerkunjung ke ruang angkasa adalah suatu hal yang paling mahal untuk dilakukan.

Metaverse adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah dunia digital yang terintegrasi dengan dunia nyata. Dalam konteks pendidikan, metaverse dapat digunakan untuk menyediakan lingkungan belajar yang interaktif dan immersif bagi siswa.

Metaverse dapat digunakan untuk menyediakan sebuah dunia virtual di mana siswa dapat berinteraksi dengan pelajaran, dengan guru, dan dengan siswa . Dengan menggunakan metaverse, siswa dapat belajar melalui pengalaman yang lebih menyenangkan dan menarik dibandingkan dengan belajar melalui teks atau presentasi.

Selain itu, metaverse dapat digunakan untuk menyediakan akses ke sumber daya belajar yang sangat beragam. Seperti museum virtual, planetarium, atau laboratorium virtual, yang mungkin tidak tersedia di sekolah atau kampus lokal. Metaverse juga dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi sosial antar siswa, misalnya dengan menyediakan ruang virtual untuk diskusi dengan mentor.

Beberapa contoh platform Metaverse yang digunakan dalam pendidikan saat ini adalah Second Life, Immersive Education, atau VR Classroom. Namun, teknologi Metaverse masih berkembang dan ini masih menjadi area yang sangat aktif dalam riset dan pengembangan

Kesimpulan

Metaverse dalam bidang pendidikan dapat dikembangkan meliputi semua aspek belajar, yaitu komunikasi, interaksi, diskusi, dan proses penilaian. Untuk itu dengan adanya teknologi metaverse ini sangat membantu dalam dunia pendidikan. Dan tidak menutup kemungkinan bagi Perguruan Tinggi dengan konsep pendidikan Jarak Jauh seperti Universitas Terbuka dapat mengimplentasikan konsep Metaverse University .

referensi:

https://www.oodlestechnologies.com/blogs/the-infinite-opportunities-of-metaverse-in-the-education-sector/

One thought on “Metaverse Dalam Dunia Pendidikan

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang, silahkan kirimkan pesan Anda