Fasilitasi 

PEMBELAJARAN DARING BERMUTU

pngaaa.com-7325002
Teknologi hololens Untuk Pendidikan

Teknologi

Teknologi hadir untuk mempermudah  dan menyelesaikan kesulitan dan permasalahan manusia. Suatu  proses  yang sulit untuk  dilakukan akan menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Pendidikan di era digital saat ini mengharuskan manusia melakukan  transformasi dari kegiatan yang konvensional menjadi ke arah yang lebih simple dan praktis  dengan cara yang lebih modern.

Dalam melakukan  proses pendidikan  banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan kompetensi peserta didik yang lebih baik. Salah satunya adalah melakukan inovasi-Inovasi pembelajaran  yang dapat memberikan suatu hal yang baru  untuk  meningkatkan kinerja pendidikan. Inovasi pembelajaran  adalah  perubahan yang terencana pada aspek tujuan pendidikan , program , kebijakan atau metode untuk meningkatkan kinerja pendidikan (Agabi, 2002).  

Pemanfaatan teknologi hololens dalam proses pendidikan  merupakan inovasi pembelajaran . Fungsi dari teknologi hololens  ini adalah untuk menghadirkan suatu benda  visual dalam bentuk reality. Hololens merupakan kombinasi  antara  teknologi virtual reality ( VR) dan augmented reality (AR) sehingga terjadinya  mixed reality.  Mixed reality ini yang akan  membawa tampilan dunia virtual ke dalam dunia nyata.  Salah satu kelebihan dari teknologi ini adalah Pengguna kacamata hololens ini  bisa melakukan interaksi dengan benda virtual.

Interaksi ini seakan-akan menyentuh benda virtual tersebut dan pengguna juga dapat membuat suatu hologram menggunakan  gerakan tangan ,seperti memberikan petunjuk  kepada orang lain. Contohnya adalah penggunaan pada praktek pembelajaran anatomi tubuh manusia.

Dengan adanya Inovasi Pembelajaran pemanfaatan  teknologi hololens ini proses pembelajaran akan semakin mudah, kegiatan pembelajaran akan memberikan dampak yang sangat signifikan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan akan memberikan semangat yang baru untuk terus belajar bagi peserta didik. Sebagai  contoh adalah ketika pembelajaran biologi, dimana semua organ tubuh manusia dapat dilihat secara jelas dalam bentuk rality di depan peserta didik, akan tetapi peserta didik dapat berinteraksi dan menggerakannya menggunakan tangan. secara jelas tujuan dari inovasi pembelajaran tersebut adalah untuk  meningkatkan kinerja pendidikan.

Kesimpulan

Teknologi hololens ini masih jarang digunakan di sekolah-sekolah umum, atau di perguruan-perguruan tinggi , karena memang harganya yang masih sangat mahal.  Akan tetapi tidak menutup  kemungkinan disaat teknologi ini  nanti akan semakin booming dan banyak di gunakan, maka harganya akan semakin terjangkau. 

Referensi :thedaily.case.edu/universitys-holoanatomy-spreads-to-other-campuses

https://www.microsoft.com/en-us/p/holoanatomy/9nblggh4ntd3?activetab=pivot:overviewtab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
send me
1
Hello, Apa yang bisa kami bantu