Prilaku Remaja

Prilaku pada perserta didik remaja dapat dipengaruhi  oleh berbagai macam perubahan-perubahan , contohnya adalah perubahan emosional , terutama pada anak yang mengalami transisi dari  anak-anak ke remaja . Masa perkembangan inilah yang sering di abaikan oleh orang tua dan juga para pendidik. Untuk itu kita harus memahamai proses perkembangannya agar dapat mengetahui langkah yang tepat untuk di lakukan.

Karakteristik Perkembangan Emosi

  • Cinta/kasih sayang. Dari peserta didik yang saya amati , bahwa kurang kasih sayang dari orang tua akan menimbulkan demoralisasi . Anak itu akan sulit di kontrol , menjadi nakal dan akan berontak secara terang terangan . Kasih sayang merupakan keadaan yang dimengerti secara mendalam dan diterima dengan sepenuh hati, kegagalan dalam mencapai kepuasan kebutuhan kasih sayang merupakan penyebab utama dari gangguan emosional (Yusuf, 2005:206)
  • Gembira dan bahagia. Perasaan gembira akan terlihat  bila  keinginan dapat tercapai .
  • Kemarahan dan Permusuhan. Perasaan marah akan nampak bila ada  teman yang menggangunya dan permusuhan itu akan tejadi. Walaupun terkadang permusuhan itu berlangsung tidak lama .
  • Ketakutan dan Kecemasan. Dalam  hal ketakukan dan kecemasan yang saya amati bahwa rasa ketakukan itu akan terlihat  bila ada teman sekelasnya yang selalu mengejeknya . sehingga rasa ketakutan itu menyebabkan hambatan  untuk perkembangan emosionalnya.

Hubungan Antara Emosi Dan Tingkah Laku Serta Pengaruh Emosi Terhadap Tingkah Laku

Dari pengamatan yang saya lakukan  bahwa memang benar antara emosi dan tingkah laku mempunyai hubungan yang erat .  Peserta didik yang mengalami gangguan emosional akan sulit berbicara , malu malu  ketika akan hubungan sosial  dalam ruang kelas. Penyebab dari gangguan emosional karena kurangnya dialog dari orang tua  yang akan mengungkapkan perasaan resah pada anak . Rasa dan suasana yang penuh kasih sayang akan dapat mengakibatkan emosi yang  lebih efektif untuk menerima pembelajaran yang positif. Suasana  tertekan pada peserta didik akan menyebabkan hambatan untuk perkembangan emosi.

Kesimpulan

Keimpulannya adalah :

  1. Bahwa usia remaja adalah masa transisi yang membutuhkan kasih sayang dari orang tua . Agar pekembangan emosi anak dapat kita berikan pada suatu hal yang positif
  2. Jenis jenis emosi pada remaja adalah cinta, gembira, marah, takut, cemas, sedih dan sebagainya
  3. Suasana yang meyenangkan akan menyebabkan  perkembangan emosi anak akan  lebih efektif  dalam  menerima pelajaran

sumber image : https://marlinamediabki.wordpress.com/2017/05/26/tugas-perkembangan-pada-remaja-tengah/

admin

Hi everyone! We're a partner for online or e-learning education. Right now we're in the 4.0 industrial age, where everything uses internet networks. Because of this, learning will become easier to do by utilizing information and communication technology. Give the best for our students so they're prepared for even more innovative technology in the future. So let's start from now to be literate and also provide them with a broad knowledge.. Click our profile link to find out more!

Recent Posts

LMS Canvas dalam Pembelajaran Guru Penggerak

Pendahuluan Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan sebuah bangsa. Di Indonesia, pemerintah telah…

4 weeks ago

Evolusi Pembelajaran Daring: Memahami Perubahan dan Masa Depan Pendidikan Digital

Pendahuluan Pembelajaran daring telah menjadi salah satu inovasi terbesar dalam pendidikan modern. Seiring dengan kemajuan…

1 month ago

Membangun Infrastruktur Learning Management System di Google Cloud

Pendahuluan Dalam era digital saat ini, Learning Management System (LMS) menjadi alat penting untuk menyampaikan…

1 month ago

Data industry in 2024

Download now Explore the five trends shaping the data industry in 2024Last year, generative AI…

1 month ago

Migrasi Google Cloud Platform

Mulai migrasi Anda ke Google Cloud Platform Merencanakan migrasi cloud bisa menjadi rumit dan cepat.…

1 month ago

Artificial Intelligence sebagai Sumber Belajar yang Dinamis

Pendahuluan Perkembangan teknologi di era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk…

1 month ago