Prilaku remaja

Prilaku pada perserta didik remaja dapat dipengaruhi  oleh berbagai macam perubahan-perubahan , contohnya adalah perubahan emosional , terutama pada anak yang mengalami transisi dari  anak-anak ke remaja . Masa perkembangan inilah yang sering di abaikan oleh orang tua dan juga para pendidik. Untuk itu kita harus memahamai proses perkembangannya agar dapat mengetahui langkah yang tepat untuk di lakukan.

Karakteristik Perkembangan Emosi

  • Cinta/kasih sayang

Dari peserta didik yang saya amati , bahwa kurang kasih sayang dari orang tua akan menimbulkan demoralisasi . Anak itu akan sulit di kontrol , menjadi nakal dan akan berontak secara terang terangan . Kasih sayang merupakan keadaan yang dimengerti secara mendalam dan diterima dengan sepenuh hati, kegagalan dalam mencapai kepuasan kebutuhan kasih sayang merupakan penyebab utama dari gangguan emosional (Yusuf, 2005:206)

  • Gembira dan bahagia

Perasaan gembira akan terlihat  bila  keinginan dapat tercapai .

  • Kemarahan dan Permusuhan

Perasaan marah akan nampak bila ada  teman yang menggangunya dan permusuhan itu akan tejadi. Walaupun terkadang permusuhan itu berlangsung tidak lama .

  • Ketakutan dan Kecemasan

Dalam  hal ketakukan dan kecemasan yang saya amati bahwa rasa ketakukan itu akan terlihat  bila ada teman sekelasnya yang selalu mengejeknya . sehingga rasa ketakutan itu menyebabkan hambatan  untuk perkembangan emosionalnya.

Hubungan Antara Emosi Dan Tingkah Laku Serta Pengaruh Emosi Terhadap Tingkah Laku

Dari pengamatan yang saya lakukan  bahwa memang benar antara emosi dan tingkah laku mempunyai hubungan yang erat .  Peserta didik yang mengalami gangguan emosional akan sulit berbicara , malu malu  ketika akan hubungan sosial  dalam ruang kelas. Penyebab dari gangguan emosional karena kurangnya dialog dari orang tua  yang akan mengungkapkan perasaan resah pada anak . Rasa dan suasana yang penuh kasih sayang akan dapat mengakibatkan emosi yang  lebih efektif untuk menerima pembelajaran yang positif. Suasana  tertekan pada peserta didik akan menyebabkan hambatan untuk perkembangan emosi.

Kesimpulan yang saya dapatkan dari pengamatan adalah :

  1. Bahwa usia remaja adalah masa transisi yang membutuhkan kasih sayang dari orang tua . Agar pekembangan emosi anak dapat kita berikan pada suatu hal yang positif
  2. Jenis jenis emosi pada remaja adalah cinta, gembira, marah, takut, cemas, sedih dan sebagainya
  3. Suasana yang meyenangkan akan menyebabkan  perkembangan emosi anak akan  lebih efektif  dalam  menerima pelajaran

sumber image : https://marlinamediabki.wordpress.com/2017/05/26/tugas-perkembangan-pada-remaja-tengah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

send me
1
Hello, Apa yang bisa kami bantu