MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0 DENGAN LMS MOODLE

PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DENGAN MOODLE

 


Pandemi covid-19 merupakan suatu momentum bagi pendidikan di indonesia untuk merubah paradigma belajar yang konvensional ke pembelajaran digital yang memanfaatkan teknologin informasi dan komunikasi. Pembelajaran yang dapat memberikan ruang dan waktu  disaat terbatasnya proses pembelajaran  untuk mencapai kompetensi. Dimana pada saat sebelum pandemi  pendidikan di Indonesia masih banyak yang belum menerapkan pola pembelajaran  bermedia artinya  pola pembelajaran yang interkatif dan menarik menggunakan media. Perlu kita pahami bahwa pembelajaran yang menggunakan media TIK  masih  termasuk dalam pembelajaran tradisional, karena guru masih berperan dalam mengoperasikan media tersebut, contohnya pembelajaran yang menggunakan projecktor dan juga video interaktif guru harus mengontrol media tersebut sesuai dengan proses pembelajaran.

Memberikan mutu layanan pendidikan baik kepada setiap peserta didik  adalah kewajiban dari setiap lembaga pendidikan  baik Sekolah Negri ataupun sekolah Swasta. Membuat kelas pembelajaran online bukan lagi hal sulit. Saat ini telah banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat materi e-learning yang menarik, akan tetapi yang menjadi  permaslahan apakah platform tersebut dapat mendukung sepenuhnya  kontruksi sosial pedagogi.  Pembelajaran yang mendukung konstruksi social pedagogi  adalah software LMS yaitu , moodle, claroline , a tutor dan masih banyak lagi yang lainya.  Moodle merupakan salah satu LMS yang paling banyak di gunakakan di seluruh dunia,  baik dalam dunia pendidikan , dunia kerja ,dunia industri  dan lembaga pemerintahan sebagai proses kegiatan Traning.

Apa itu Moodle

MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah sebuah  perangkat lunak atau software untuk melakukan proses kegiatan pembelajaran yang di lakukan secara online yang menggunakan prinsip social konstruksi pedagogi.  MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Martin Dougiamas adalah orang yang mengembangkan aplikasi moodle,  merupakan  lulusan dari  ilmu komputer dan ilmu  pendidikan. Jadi tidak diragukan lagi bahwa konsep pengetahuan dalam bidang  pendidikan beliau sudah memahami betul kebutuhan akan pendidikan secara elektronik.

Banyak sekali keunggulan dari  moodle yang menjadikannya platform pembelajaran ini  layak digunakan untuk memberikan solusi pendidikan jarak jauh. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan moodle:

Mobile Friendly

       
     
   
 


Saat ini pengembangan Moodle tak pernah berhenti dan akan terus selalu berkembang   salah satunya, dengan menjadikan platform ini mobile friendly dan dapat diakses mengunakan HP Smart Phone. Hal ini tentu akan memudahkan dalam mengakse materi belajar kapan saja, di mana saja dan dengan siapa saja. Aplikasi mobile dapat di download di play store :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.moodle.moodlemobile&hl=in&gl=US

 

Sebagai sebuah platform berbasis web, peningkatan pada cross browser compatibility membuat tampilan materi akan terlihat sama meskipun diakses dari perangkat smartphone  dan dengan browser yang berbeda dengan tampilan yang kecil sesuai ukuran layar smartphone

Mendukung Berbagai Bahasa

Moodle memiliki komunitas yang aktif dan tersebar di  seluruh dunia.  Dan  merekalah yang banyak membantu pengembangan Moodle, dan ini yang merupakan salah satu keunggulan software yang open source . Meskipun belum mendukung bahasa Indonesia secara penuh, moodle sudah mendukung banyak bahasa di dunia. Inilah yang membuat penggunaan Moodle menjadi semakin mudah dan penggunanya meningkat.

 

Fasilitas  Moodle?

Moodle memiliki banyak sekali fitur yang diperlukan untuk membangun e-learning Anda. Apa saja fitur unggulan Moodle tersebut?

  1. Memiliki Dashboard
 
   


Moodle memiliki dashboard yang intuitif dan terintegrasi dengan menu-menu yang lainya . Untuk menampilkan  informasi penting  dapat diakses dari halaman dsahboard tersebut. Mulai dari daftar mata pelajaran , kalender kegiatan pembelajaran , pengguna yang sedang online atau aktif dapat terlihat langsungng , hingga pengumuman-pengumuman  yang dapat di tampilkan ke semua siswa dan juga guru.

 

  1. File Management
 
   


File management merupakan sebuah tempat penyimpanan file document sumber belajar , file audio dan juga file video dan akan di gunakan pada saat pelaksanaan pembelajaran atau penilaian. Management file dapat menyimpan file susuai dengan kapasitas penyimpanan di server moodle dan bila ingin menghemat storage penyimpanan dapat di integrasikan dengan google driver atu cloud penyimpanana yang lainya.

 

 

 

  1. Progress Tracking

Akan sangat sulit memastikan kesuksesan sebuah pembelajaran tanpa diikuti pengawasan yang baik. Itulah alasan Moodle terus mengembangkan fitur tracking progress di platform mereka. Menariknya, fitur tracking ini meliputi semua penilaian yang bisa dilakukan melalui platform pembelajaran ini.

  • Course completion. Setiap materi kursus yang sudah diikuti bisa ditandai secara manual atau otomatis. Jadi, bisa dilanjutkan ke materi berikutnya.
  •  
       

    Activity completion. Indikator untuk menandai bahwa sebuah tugas telah selesai dikerjakan. Bisa ditandai secara manual atau otomatis. 

 

  •  
       

    Grades. Penilaian atas sebuah tugas atau ujian yang telah dijalani. 
  • Badges. Penghargaan yang diberikan ke murid tertentu yang sudah menyelesaikan tugas atau materi kursus tertentu. 
  • Competencies. Pemberian peringkat sesuai dengan kemampuan peserta pembelajaran.
  •  
       

    Activity siswa. Pengelola pembelajaran dan guru  dapat melihat keaktifan siswa setiap saat.

Selain semua penilaian di atas, Moodle juga memiliki fitur Reports dan Analytics yang berguna untuk mengetahui penjelasan dari setiap progress yang tercatat. 

 

  1. Multimedia

Cara termudah untuk belajar adalah menggunakan berbagai jenis media yang saling mendukung. Selain itu, pendekatan ini juga akan membuat pengalaman belajar menjadi tidak membosankan. Moodle mendukung upaya ini dengan kemudahan integrasi multimedia pada platform mereka. Baik pada materi pembelajaran maupun ujian. 

Pengajar bisa menggunakan multimedia seperti audio, video, dan gambar dengan berbagai format. Bahkan, bisa juga menggunakan media embedding dari YouTube. jika ingin menggunakan format multimedia tertentu, cukup mengaktifkannya secara manual melalui menu pengaturan administrator. 

 

  1. Fasilitas add activity dan resource yang Lengkap

 

Salah satu kelebihan dan keunggulan dari Moodle adalah karena memiliki fasilitas bentuk dan  kegiatan pembelajaran yang sangat banyak.  

 

Berikut ini merupakan  fasilitas dan kegiatan pembelajaran yang sering digunakan dalam proses pembelajaran :

  1. Assignments

Guru dapat memberikan tugas dalam bentuk potofolio atau hasil diskusi belajar kemudia di upload dan guru dapat memberikan umpan balik.

  1. Chat

Fasilitas komunikasi secara langsung melalui elearning

  1. Absensi

Fasilitas untuk memberikan absensi kepada peserta didik

  1. Forum

Faslitas yang dapat di gunakan untuk  diskusi seluruh peserta didik

  1. Glossary

Enables participants to create and maintain a list of definitions, like a dictionary

  1. Lesson

Memberikan materi pembelajaran secara interaktif dan di akhiri dengan penilaian untuk mengetahui daya serap siswa setelah mengikuti pembelajaran.

  1. Quiz

Fasilitas untuk membuat berbagai jenis bentuk penilaian, pilihan ganda , jawaban singkat, essay, drag and drop , true and false dan masih banyak lagi yang lainya.

  1. SCORM

Fasilitas pembelajaran yang dapat disajikan secara animasi dan terdampat penilaian.

 

 

  1. Pengelolahan Nilai

Penilaian merupakan suatu langkah untuk mengetahui ketercapain kompetensi yang di peroleh oleh peserta didik. Setiap penilain di modul sudah sangat mendukung konsep penilaian.  Berikut ini merupakan keunggulan  penilaian yang di lakukan menggunakan moodle:

  1. Terdapat berbagai macam bentuk penilaian
 
   
  1. Informasi dalam pelaksanaan penilaian

 

  1. Dapat menampilkan hasil analisis waktu pengerjaan dan juga anilisi butir soal setiap peserta didik.
 
   


Feedback setiap tugas atau setiap

 

Demikianlah sedikit informasi  pembelajaran menggunakan moodle yang dapat saya berikan. Semoga sudah mendapat gambaran dari artikel yang sudah saya buat. Dan penting uintuk kita pahami bahwa , proses pembelajaran akan terus mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi.

send me
1
Hello, Apa yang bisa kami bantu